Setelah menetapkan Problem Statement, Research Question, dan beberapa batasan, maka langkah selanjutnya adalah mencari literature yang mendukung dari beberapa jurnal dan artikel ilmiah yang mendukung sebelum kita lakukan Mind Mapping tentang riset saya.

ANNOTATED BIBLIOGRAPHY
3 jurnal dari peneliti yang sama yaitu Jose Miguel Pina Perez, seorang pengajar pada Departamento de Economía y Dirección de Empresas, Facultad de Ciencias Económicas y Empresariales, Gran Vía, 2 50.005, Zaragoza, Spain adalah sebagai berikut :










Perluasan merek (Brand Extension) merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk baru yang berbeda kategorinya namun menggunakan nama merek yang sama dengan nama merek produk sebelumnya (Kotler, 2000; Hem, et al., 2001; Lye, Venkateswarlu & Barret, 2001; Martinez & Leslie, 2002, Czelar, Sandor, 2003). Strategi ini dinilai akan lebih efektif dan lebih efisien karena memanfaatkan citra merek produk (Brand Image) sebelumnya atau memanfaatkan brand recognition (nama merek yang sudah dikenal luas), sehingga konsumen tidak asing dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Definisi perluasan merek yang telah tersebut, diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Jose Miguel Pina Perez, seorang pengajar pada Departamento de Economía y Dirección de Empresas, Facultad de Ciencias Económicas y Empresariales, Gran Vía, 2 50.005, Zaragoza, Spain. Penelitian Jose. M Pina pada tahun 2009 yang berjudul “Modeling the brand extensions' influence on brand image” mendapatkan hasil bahwa perluasan merek mempengaruhi citra merek dimana merek awal memperkuat sikap konsumen, dengan menggunakan metode SEM. Penelitian ini dilakukan pada produk consumer goods. Pada penelitian kedua ditahun yang sama yaitu 2009 yang berjudul Brand extension feedback: The role of advertising”, Pina memperluas penelitiannya selain pada produk consumer goods juga pada sektor jasa dengan memasukkan faktor periklanan dalam perluasan merek. Hasil yang didapat adalah estimasi yang mengindikasikan sikap pada perluasan yang mempengaruhi citra merek dan sikap ini adalah konsekuensi dari kepercayan merek awal dan hubungannya pada produk baru. Penelitian ini untuk melihat penerapan iklan dalam hal menjaga citra merek setelah dilakukan perluasan merek. Sedangkan penelitian ketiga yang dilakukan pada tahun 2012 yang berjudul Generalizing spillover effects of goods and service brand extensions: A meta-analysis approach dikembangkan replikasi dari masing-masing variable dengan menggunakan metode SEM namun tetap berpijak pada area consumer goods dan jasa. Dari beberapa penelitian tersebut, terdapat gap bahwa penelitian tentang perluasan merek yang berhubungan dengan citra merek ini sebenarnya dapat diterapkan pada industry farmasi dimana produknya dalam segi penggunaan tidak sebanyak produk consumer. Sehingga berdasarkan beberapa penelitian tersebut, ingin dikembangkan penelitian dengan topik dan metode yang sama tetapi pada area yang berbeda yaitu industry farmasi




Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat Mind Mapping. Mind mapping ini perlu dilakukan untuk memudahkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui apa yang akan kita lakukan nantinya secara terstruktur.

Mind Mapping riset saya :

Secara garis besar mind mapping dari riset untuk thesis saya adalah yang terlihat pada gambar diatas.
Metode analisa yang akan saya gunakan adalah metode SEM

Makin bersemangat untuk melakukan tahapan-tahapan menuju thesis.

See ya! ^_^



This entry was posted on 4:21 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

    afivwae said...

    lho mana isinya ini, mind mapping nya,.....

  1. ... on March 13, 2013 at 10:19 PM  
  2. Deny Lestiyorini said...

    Lha itu ada diatas... Monggo dikomentari :)

  3. ... on March 17, 2013 at 4:48 PM