Pengaruh Perluasan Merek Terhadap Citra Merek Pada Natur E
Nama Mahasiswa : Deny Lestiyorini
NRP : 2512.205.001
Jurusan : Teknik Industri
Persaingan dalam dunia bisnis untuk
dapat mempertahankan pangsa pasar yang ada saat ini sudah sangat ketat.
Ketatnya persaingan tersebut dapat tercermin dari makin banyaknya ragam
produk-produk yang diluncurkan perusahaan atau produsen untuk dapat
mempertahankan eksistensinya dalam dunia usaha. Merek yang sudah dikenal
masyarakat luas dengan baik, akan menuntun perusahaan untuk selalu melakukan pengembangan
produk. Perluasan merek (Brand Extension)
merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan
produk baru yang berbeda kategorinya namun menggunakan nama merek yang sama
dengan nama merek produk sebelumnya. Perluasan merek juga diterapkan pada
beberapa perusahaan farmasi di Indonesia. PT. Darya Varia Tbk, sebuah
perusahaan farmasi multinasional yang mempunyai kantor pusat di Filipina,
sedang gencar melakukan perluasan untuk beberapa produk tanpa resep dokter (OTC), salah satunya Natur E yang
merupakan produk Vitamin E natural yang telah ada sejak 40 tahun lalu berbahan
dasar gandum dan biji matahari, berfungsi sebagai Vitamin E yang alami untuk
kulit berupa kapsul lunak. Natur E mempunyai pangsa pasar sebesar 55%
dikategori Vitamin E dan menjadi pemain nomer satu. Diharapkan setelah Natur E melakukan
perluasan merek akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen dan memperluas
target pasar serta meningkatkan penggunaan produk. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM)
diharapkan tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh perluasan
merek terhadap citra merek pada Natur E, dapat tercapai. Penelitian ini
dilakukan di Surabaya.
Kata
Kunci : Perluasan Merek, Citra Merek,
Vitamin E, Structural Equation
Modeling (SEM)
0 komentar: