Holaaaa …!!! Whoaaaa, sudah lama saya ga mampir untuk update blog yang sudah dibikin dengan susah payah berpeluh keringat bersimbah amarah, oke maaf saya khilaf dan akan segera menghentikan ke-lebay-an ini. Saya akui dengan jujur dan kerendahan hati *mulai kumat* kalo saya termasuk orang yang malas dan tergantung mood untuk menulis. Padahal ditengah ke(sok)sibukan saya, ada banyak cerita yang bisa dibagi buat (siapapun?) yang mau baca. Tapi ya itu tadi, saya selalu berlindung dengan damai dibalik keadaan malas dan sibuk. Pweew, sangat tidak intelek sekali. Tapi, kalo alasan kan ga perlu dibikin (sok) intelek bukan, itung – itung saya belajar jadi orang yang bicara apa adanya, ga muluk – muluk apalagi terlalu mengumbar janji – janji palsu kalo kenyataannya ga bisa bikin jadi nyata *mata nanar sambil ngupil*


Jadi begini ya, saya lagi pengen cerita akhir pekan yang indah banget. Cuman weekend ini sih, soalnya weekend yang sudah lewat saya juga ga terlalu inget ngapain aja. Saking ga berkesannya sampe nginget aja males *nangisgaruk2tembok* .

Sejak seminggu yang lalu, saya sangat menunggu – nunggu hari sabtu dan minggu ini. Kenapa oh kenapa? Karena hari sabtu, saya akan mengunjungi pameran tentang studi di Eropa yang di adakan di Balai Kartini, namanya EHEF 2010. Ya, saya masih sangat ambisi menjemput impian Beasiswa S2 di Eropa (kalo bisa sih ya di Belanda). Saya ingin membangkitkan kembali keinginan untuk bisa nginjekin kaki di negara yang sudah menorehkan sejarah masa silam di negeri kita tercinta ini. Saya ingin melihat secara langsung seperti apa sih aslinya bentuk bunga tulip itu. Saya ingin jalan – jalan di seluruh Negara di benua Eropa. Dan yang terutama, saya ingin sekolah ambil S2, ya syukur – syukur bisa nikah sama bule-kaya- *teteuuupp* yang ketemunya di taman kota Amsterdam *hallaahh*. Sederhana kok keinginan saya. Cuman sekolah aja. Tapi buat mewujudkannya itu loh, amit – amit butuh komitmen yang panjang kali tinggi kali lebar sama dengan luas. Sussaaahhh banget untuk memotivasi diri sendiri. Banyak alasan yang dengan sengaja saya buat – buat untuk menunda keinginan yang sebenernya sudah ada sejak pertengahan 2009. Alasan Karier di kerjaan, alasan jauh dari orang tua dan alasan takut lupa nikah *oke, yang terakhir kamuflase doank*.

2 kali di tahun 2010 ini saya ikut tes TOEFL untuk melengkapi salah satu persyaratan pengajuan beasiswa. Dan 2 kali itu juga, saya GAGAL!!!. Saya sih bukan orang yang gampang putus asa ya. Tapi, kenapa disaat rasa malas menyerang, alam selalu memberikan reaksi yang mendukung kemalasan saya. Tiba – tiba kerjaan saya jadi ruwet bin riweh. Saya diharuskan untuk sering keluar kota, keluar pulau. Dalam sebulan, paling nggak 2 minggu saya habiskan diluar Jakarta. Bagus sih buat mental, tapi ga bagus buat cita – cita saya. Duh, (lagi – lagi) seperti menemukan alasan yang sempurna untuk menunda S2. padahal kan umur ga bisa ketunda. Iya kalo tahun depan, dimana saya sudah 30 tahun, saya dapet. Lha kalo nggak, tepok jidat aja deh. Umurnya tetep jalan pasti, bulenya belom keliatan hidung bangirnya, eh S2 juga belum ketauan nasibnya *ngelus dada orang lain*

Nah, karena ketakutan – ketakutan diatas itulah saya akhirnya semangat untuk tidak menunda belajar TOEFL, ikutan kursus bahasa Ingris *pengen nangis kalo inget harganya*, mulai mendaftar ikutan tes TOEFL di NESO dan yang terpenting adalah membulatkan tekad untuk tidak menjadikan keinginan dapet beasiswa di Eropa berhenti hanya sebagai wacana.

Jadi, dengan semangat 45, walaupun sebelum berangkat ke Balai Kartini, hujan deras mengguyur Jakarta, tak menghalangi niat saya untuk berangkat. Syukurlah, Tuhan memberi jalan, menghentikan sejenak hujan dan memberi kesempatan ke saya untuk menggapai cita meraih asa wujudkan cinta *tangan terkepal keatas*. Janjian dengan seorang teman, sebut aja TENO (sesuai permintaan yang bersangkutan, untuk menghindarkan pitnah, nama tidak disamarkan), saya bersuka cita menjelajah dari satu stand ke stand yang lain. Lumayan, bule nya cakep – cakep dan info beasiswanya lengkap untuk tahun ajaran 2011, Alhamdulillah, setelah mengumpulkan brosur yang kalo di kiloin bisa nambah gaji sebulan, niat saya semakin membaja untuk bisa berangkat sekolah. Melihat antusiasme orang – orang yang bersliweran dengan tujuan yang sama dengan saya, atau mungkin berbeda bagi mereka yang mampu kan ga usah nyari beasiswa, hati kecil berkata (agak nyombong dikit) “masa sih ga bisa dapet beasiswa kesana.” Sombong sih kedengerannya, tapi aslinya buat nutupin ke-tidak-PD-an saya. Kalau kita ga berusaha meraihnya dengan sungguh – sungguh, ya bakalan keambil sama orang. Allah aja bilang, kalo kita ga ngerubah nasib, ya bakalan gitu – gitu aja. Ga maju, ga mundur atau bisa – bila malah nyusruk.

Nah, disini saya sekarang. Berani menulis di blog tentang kemantapan saya untuk belajar dengan sungguh – sungguh meraih impian yang sempat tertunda. Berjuang dengan sepenuh jiwa dan doa. Mudah – mudahan kali ini tidak ada alasan lagi buat saya untuk menunda atau menghentikan langkah menuju ke Eropa. Buat (siapapun?) yang baca, kalian akan jadi yang ketiga yang akan saya beri tahu jika tahun 2011 saya berangkat ke Eropa untuk sekolah dan berumah tangga *teteeuuppp ga mau rugi*. Amieeennn *mulut komat kamit berdo’a*. Ingetin saya ya, kalo saya mulai kendor semangat. Saya ingin menjadikan tahun 2011 menjadi tahun kemenangan. Apapun itu. Semangat Semangat Semangat !!! Bismillah *buka buku TOEFL*

Saatnya ngelanjutin cerita kegiatan dihari minggu. Pertengahan bulan September, saya mendaftar untuk ikutan Workshop Writing yang diadakan oleh Asma Nadia. Awalnya saya sedikti ragu, karena dari beberapa buku yang dia tulis, tidak terlalu menarik buat saya. Hanya penuturan yang lugas dari beberapa kisah inspiratif. Tapi, karena saya bener – bener ingin belajar tentang teori kepenulisan, akhirnya saya jadi untuk mendaftar. Saya tidak menyangka kalo pesertanya lumayan banyak. Sekitar 70 orang yang saya hitung ketika sampai di tempat. Sebagian besar wanita dan berjilbab. Malah ada ustadz yang ikutan segala

Ternyata selain Asma Nadia yang memberikan materi, suaminya, Isa Alamsah juga ikut sebagai pemateri. Pak Isa, pengarang Best Seller buku motivasi yang berjudul No Excuse, orangnya kocak dan blak blakan dalam memberikan materi. Memudahkan peserta untuk menanyakan apapun yang ingin ditanyakan tanpa merasa malu ataupun sungkan. Asma Nadia yang awalnya saya pikir adalah wanita yang islami sekali *baca:Akhwat berbaju gombrong dan berjilbab lebar* ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Wanita yang ramah, selalu tersenyum dengan jilbab yang tidak besar namun rapi. Memberikan motivasi untuk selalu menulis dan selalu berkata untuk tidak pernah mengubur keinginan menjadi seorang penulis karena menulis itu berjuang. Dhuaar!!!, seperti kesamber petir saya mendengar perkataannya.

Sebelum mengikuti Workshop ini, sebenarnya saya sudah mengirimkan 2 naskah cerpen yang saya buat beberapa bulan yang lalu. Nah, pas ditengah – tengah sesi, Mbak Asma mengevaluasi satu persatu naskah yang sudah dikirim oleh peserta. Tidak semua peserta sih yang ngirim naskah. Pas giliran naskah saya yang dievaluasi, Mbak Asma bilang kalo secara keseluruhan naskah saya sudah bagus, mengalir dan Jelas cara berceritanya…whoaaaa, saya jadi GR. Revisinya cuma ada di beberapa tanda baca yang ngaco, tapi dari keseluruhan cerpen yang dikirim, dia bilang saya sudah seperempat jalan lagi untuk bisa bener – bener serius jadi penulis. Hidung saya kembali kembang kempis ^__^


Membuat sebuah Novel adalah hal lain yang saya tunda tahun ini walaupun sketsa – sketsa nya sudah saya buat. Tergeletak gitu aja di laptop, sudah tidak pernah saya sentuh hampir 6 bulan dengan alasan (lagi-lagi) basi, sibuk ga ada waktu buat nulis. Duh, Pak eSBeYe aja ditengah – tengah kesibukannya sempet bikin album, wong saya cuman rakyat biasa masak iya sih sesibuk itu sampe nunda keinginan bikin buku. Dasar manusia.


Karena itulah, saya bener – bener termotivasi kembali, seperti diberikan stimulus untuk bangkit nyatuin serpihan – serpihan ide dan dibuat satu kesatuan untuk dibikin buku. Kata Asma Nadia, kita musti berikrar di depan orang lain, sebagai saksi bahwa kita bisa jadi penulis, karena sebenernya nulis itu mudah. Oke, saya akuin, nulis itu memang ga terlalu sulit, tapi yang sulit adalah menaklukkan rasa MALAS *kalo ada yang mulai protes kenapa saya sangat pemalas, saya mau nanya dukun dulu kenapa saya bisa terlahir sebagai pemalas*


Alhamdulillah, dengan materi yang sangat berbobot dan motivasi yang tiada henti sepanjang Workshop tersebut, bikin kobaran api menulis kembali menyala. Bahkan, sebelum pulang saya bersalaman dengan Asma Nadia dan bilang “Mbak, tolong doakan saya ya, Insya Allah tahun depan buku saya naik cetak di penerbit. Sekarang sudah setengah jalan nulis novelnya” dan dia menjawab “Saya akan nunggu kabar hari dimana buku kamu naik cetak di Penerbit. Tolong kabari saya ya.” Kalo nginget lagi, saya pengen ketawa, buku apa yang mau dicetak, wong idenya masih korat karit. Perlu ngumpulin emosi buat nyatuinnya. Tapi minimal saya sudah berikrar, tahun 2011 Novel saya sudah terpajang di Toko Buku *ya iyyaalah, masak toko kain*. Bismillah kembali saya ucapkan. Kalian saksinya yaaa…


Duh, cuman 3 hal aja kok yang pengen saya wujudkan tahun depan (2011). Nikah, Sekolah S2 di Eropa dan bikin buku. Ga muluk – muluk kan, tapi berlebihan … hahahaha, apapun itu, saya ga mau sesumbar apapun. Yang saya tulis semuanya disini adalah cita – cita saya. Kenapa saya perlu menuliskannya dan (mungkin) dibaca orang banyak, ga lebih hanya untuk sekedar memotivasi saya dan terus mengingatkan saya untuk tidak tunduk pasrah pada keadaan dan terus mengejar cita cinta dengan limpahan doa agar Allah merestui langkah saya. Semua yang saya ingin wujudkan bukan sekedar keinginan pribadi saja. Bukan sekedar sok – sok an. Bukan hanya ingin pamer ataupun bikin iri orang, Tidak. Ada sesuatu yang besar untuk kepentingan orang banyak yang ingin saya wujudkan jika ketiga hal tersebut sudah saya lewati. Apapun nanti yang ingin saya wujudkan, semoga saya bisa mewujudkannya dengan keihlasan niat.


Yuk teman – teman yang sekarang sedang berusaha mewujudkan keinginan yang tertunda, mari kita sama – sama berjuang cerdas untuk mewujudkannya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita berusaha dan berdoa. Insya Allah kita akan selalu diberikan keringanan langkah jika kita sungguh – sungguh berjalan sesuai aturan. Ya, miring – miring dikit ga papa lah, yang penting halal ^__^. Bismillah ...

-Jakarta, 10 Oktober 2010-
Thanks Mbak Asma buat hadiah kaosnya. Kaos yang penuh motivasi




This entry was posted on 8:50 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 komentar:

    Anonymous said...

    aku juga sedang mengumpulkan mimpiku yang terseok den.. datang kesini, meninggalkan pekerjaan yg baru seumur jagung, dengan harapan bisa sekolah lg.. udah nyerahin semua syarat,tp kok ya ternyata masalah sepele, ga masukin formulir pendaftaran, krn salah lihat jadwal pendaftaran membuatku ga iso daftar..krn telaaattt..duduuuullll... nyeseellll...!

    tapi ya wis, lah..gantinya adalah aku hamil kedua..*hihihi opo hubungane yo sakjane* dan aku juga berjanji untuk pulang dari sini tanpa tangan kosong..berjuta mimpi aku bangun, tapi sampe hari ini blm secuil pun aku susun, *tolong takokno dukunmu pisan..opo o aku kok yo maleesss..pliiisss..*
    yuuk..jadi ikutan semangat den.. mari mimpi setinggi2nya, usaha sekuat2nya, doa sekenceng2nya..tp ojok teriak :D.
    moga2 Gusti Alloh ngijabahi..amiin.

  1. ... on October 29, 2010 at 4:59 AM  
  2. sugeng siswanto said...

    nanti saya akan bantu ngingetin deh,...mari kita lestarikan kemalasan untuk sebuah kejahatan publik dan penipuan akhlaq,.....

    berjuanglah terus,
    menurut kang reben, kyai kampung di desaku,
    bersyukurlah karena kita menyadari maksiat / kekurangan kita,....karena itu, yang membuat kita selalu ingat kebesaran ALLAH.

    coba kalo kita khilaf, pasti merasa udah benar,
    merasa sukses, merasa sombong yang lain-lain.

    doa saya untukmu
    semangat!

  3. ... on November 12, 2010 at 1:23 PM  
  4. Deny Lestiyorini said...

    Ika -->> Sekolah Maneh??? S3 kah?? duhhhh bumil iki reeeekkk sekolah terus. aku dhisik po'o. lek aku wes lulus S2 baru dirimu S3 *karepe lho hahaha* .. Yuk, kita jangan berputus asa untuk mewujudkan mimpi2 kita. Jangan remehkan tapak yang kecil, karena akan menuntun kita ke luasnya dunia. Lha laopo Ka berdo'a kok bengok2 hahaha

    Mas Sugeng -->> beneran ya Mas untuk bantuin ingetin aku kalo sudah lemah asa. Suwuuuunnnn banget untuk semua do'anya Mas. jadi makin semangat lagi nih. semoga di'ijabah

  5. ... on November 20, 2010 at 7:10 PM  
  6. Anonymous said...

    #deny : iku rencanane biyen den.. saiki yo ga sido lah.. keadaan tidak memungkinkan, bedane adooh karo ayahe dhika..jd iso2 ayahe dhika wes mulih aku sik nang kene.. heheehee..

    ayoo..tak enteni den.. :) nangdi? enggok2an?

    yuuk den, meretas mimpi lainnya dengan semua kemungkinannya.. amiin, moga2 diijabahi.

    #mas sugeng : aku melu poo dielingno.. :)

  7. ... on November 21, 2010 at 5:13 AM